Catatan Kecil Adhe

Cara Menyimpan ASI Perah

Posted on: 15 Juni 2008

Setelah cara mandi, sekarang saya mo nyoba nulis cara menyimpan ASI perah.. Maklum, calon ibu baru, rada grogi, takut ga bisa.. Jadi smua dipelajari dulu trus disimpulkan di sini buat manualnya.. Biar ntar tambah pede waktu prakteknya.. hehe ;)

Persiapan

  • Wadah penyimpanan ASIP
  • Dapet di webnya AIMI, wadah buat nyimpen ASIP bisa :
    – Botol atau jenis wadah lainnya yang terbuat dari kaca (beling) dengan tutup yang rapat
    – Botol atau wadah plastik dengan permukaan yang keras (jenis yang tembus pandang dan tidak buram) dan mempunyai tutup yang rapat
    – Kantong plastik khusus untuk menyimpan ASIP
    – Kantong plastik makanan dengan label ”food grade”
    Wadah ini sebaiknya ukurannya pas untuk sekali minumnya bayi *jadi jangan terlalu gede juga*..
    Dari baca^^ milis dan baca^^ blog pengalaman ibu^^ lain *maaf ga bisa disebut satu^^*, saya nyimpulin untuk make botol UC1000 aja.. Soalnya di Palembang bingung nyari botolnya, ga kaya di Jakarta, ada klinik laktasi, ato bisa beli di pasar Pramuka.. Lagian kalo dipikir^^ skalian isinya bisa buat abinya

  • sabun cuci botol
  • sikat cuci botol
  • Bisa pake sikat botol.. Ato sikat gigi kalo ga muat sikat botolnya.. Yang penting bisa menjangkau seluruh sudut botol..

  • sterilizer ato panci buat ngerebus
  • tempat botol bersih yg tertutup

Mensterilkan Botol

- Cuci bagian luar botol dengan spon dan sabun cuci botol *kaya cuci piring biasa*
– Cuci bagian dalam botol dengan sikat dan sabun cuci botol.. Kalo ada kerak^^ ASIP tuang dulu air panas ke botolnya, masukin sabun, trus disikat.. trus dikocok2… Kalo keraknya susah ilang, campur air panas dengan kucuran jeruk nipis.. Setelah itu bilas sampai ga berbau sabun…
– Rebus botol pada air mendidih.. Biarkan selama 5 menit.. Ato kalo pake sterilizer, masukkan ke alatnya..
– Simpan dalam tempat botol bersih yg tertutup dalam keadaan terbalik.. *ga usah dilap, ntar jadi ga steril lagi*

Naa… kalo uda ntar tinggal dipake dee kalo mo meres ASI ;)
jangan lupa cuci tangan dulu yaa sebelum meres.. ;)

About these ads

17 Tanggapan to "Cara Menyimpan ASI Perah"

Iya.. ASI bisa diperah.. dan kandungannya insyaAllah ga brubah, asal tau tata cara penyimpanan dan masa penyimpanannya.. :) jadi sebenernya ga ada alasan buat ibu bekerja kalo pengen ngasih yg terbaik untuk anak tercinta :D

Aku juga merah asi dikantor…dan alhamdulillah selama 2bulan aku merah dan usia anakku skrg sudah mencapai 4 bulan,,berat badannya makin bertambah….pokoknya ASI tetap yg terbaik….hidup ASI

alhamdulillah.. sehat terus yaa, Azka :D

aq juga niat untuk merah asi nich, cuma bagaimana supaya selalu banyak ya asi-nya ???

yang penting pede dan konsisten..
pede kalo asi kita cukup untuk si kecil.. karena kalo kita stres ato mikir takut kurang asinya, maka asi jadi bener^^ kurang..
dan konsisten merahnya.. Tiap 2 jam diperah.. Karena kalo makin jarang dikeluarin (diperah ato disusuin langsung), maka produksinya juga bakal makin dikit..
O ya, kalo lagi di rumah, sebaiknya disusuin langsung ya moms :)
Sukses ya moms, salam buat si kecil ;)

Tanya dong…
soalnya 1 bln lg, aq hrs ningglin si kecil kerja padahal dia baru 1,5 bln…

Meras nya enak pake apa ya? pompa yg manual ato electric?
klo pk pompa kan ud ada botolnya tuh… trs mindahin ke uc1000 gmn?
ato lgsg di botol uc1000 nya aja?

thx ya…

Permisi bunda, saya jual botol kaca ex-UC untuk simpan ASI Perah, saya di Palembang jadi bisa langsung antar…harga perbotol sudah termasuk katup dalam dan tutup luar Rp 2.000,- saja. Hub: Upi 081382623620 / 0711 9192183. Kalo bunda butuh atau ada teman yang butuh silahkan hubungi saya, barang ready stock. Kalau butuh cepat banged bisa langsung ambil ke rumah saya di Km. 11.

halo mbak upi salam kenal…

masih jual botol untuk ASIP-nya?
saya lagi cari2 yang jual botol ASIP plus tutupnya di Palembang

kalo masih jual tolong di respon ya mbak..

tks,

minda

salam kenal mbak upi…
masih jual botol penyimpan ASI? kebetulan saya berdomisili di palembang juga… mohon direspon ya… trimakasih….

Kalo ngasih ASIP k baby yg dbwah 5bln,tmen2 pd pke Dot ap sendok?Anjuranya c pk sendok.Tp kayaknya rada susah ya..Aku kuatir,soale yg ngasuh ortu,mbok ngrepotin.Plis sharing ny y. Trms

@Bunda Adhya: saran aku sih tetep pake cendok aja biar baby nya gak bingung puting krn msh kecil bgt. Aku jg tinggalin baby ku sama ortu dan mbok, tapi menurut mereka malah lbh praktis pake sendok gak ribet nyuci botol & dot nya, cobain deh…

@me : menurut aku lebih nyaman merah asi pake tangan aja. Karna ga perlu repot mensterilkan botol N pompanya, cukup dengan cuci tangan yg bersih saja mom. Lagi pula memerah asi dengan tangan dapat merangsang produksi asi selanjutnya karna sesuai dengan irama saat bayi menyusu. Aku juga masih perah asi dikantor smp sekarang. Sekarang anakku shillan sdh berumur 1 tahun mom. Alhamdulillah jarang sakit. Pokoknya asi is the best..

ASi ku melimpah shingga Aku trpaksa menampungnya krn seringkali asiku keluar deras pd saat menyusui,sementara sejak bebie keduaku ini lahir kami memutuskan utk tidak bekrja lg.Skrg bebiku udah 2bulan lebih (lahir 26 apr 2010). Asi yg aku tampung sjak awal Mei 2010 masih tersimpan di dlm frezer ada 1800ml (10 gelas penampung Asi uk.180 ml). Jika ada rekan2 yg membutuhkan bs menghubungi saya di nmr 08561954123.

bayi bs dilatih minum asi menggunakan dot pd usia 1,5 bulan, lebih dr itu biasanya mereka sulit menerima dot, kl kurang dr itu biasanya bayi akan bingung puting (pengalaman pribadi)

Kalo pake botol uc 1000 susah yah bersihinnya. Kalo pake sterilizer kan ada uap air di dalam botolnya, tapi katanya ngga perlu dilap lagi sebab takut ngga steril lg. Terus gimana ya caranya ??

Share dong bunda, bulan dpn aku sdh harus masuk kantor, jd dah mulai ngumpulin ASIP, jd mau tanya nih anakku umur 3 bln, kalo ngasih ASIP nya pake sendok kira2 banyak angin yg tertelan yah? Trus klo umur segitu kira2 brp ml yah disiapin utk sekali minum?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tentang Adhe

Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Blog Stats

  • 23,943 hits

Blogger Palembang

Komunitas Blogger WongKito

Dukung

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: