Catatan Kecil Adhe

Daftar Perlengkapan Bayi versi Adhe

Posted on: 5 Mei 2008

Nyiapin perlengkapan baby ternyata heboh juga.. Banyak banget yang harus disiapin.. Apalagi kalo anak pertama trus ga dapet warisan karena kakak adek blom ada yg nikah *lho.. kayanya itu aku :P*.. Sbagai ibu baru, pasti bawaannya smua pengen dibeli, ga pengen anaknya kekurangan apapun.. Tapi di sisi laen, wah.. mahal banget boo kalo smua mo dibeli.. 😛

Nah, ternyata.. setelah tanya^^ ma om google *makasi buat yang dah nulis^^ di blog ato web tentang ini*, ternyata banyak perlengkapan bayi yg sebenernya ga perlu.. Malah banyak juga yg cuma tradisi dan sebenernya ga baik untuk bayinya.. So, selain bisa lebih hemat, bisa nabung buat keperluan lain, ngapain juga beli yang mubazir ato malah ga baik buat bayi kita 😀

Ini kesimpulanku mengenai daftar perlengkapan yg harus disiapin buat calon bayi imut yang akan lahir ntar lagi 😉

Pakaian

– baju lengan panjang 6bh
– baju lengan pendek 6bh
– baju tanpa lengan 6bh
Baju belinya jangan banyak^^, soalnya bayi cepet gede.. trus pengalaman orang^^ biasanya ntar banyak yg ngasih ;) Masalah jumlah ga harus kaya yg di atas, tapi disesuaiin ma kondisi tempat tinggal.. Kalo di daerah dingin sebaiknya banyakin yg lengan panjang.. Trus untuk bahannya pilih yg mudah menyerap keringat.. Bisa katun atau bahan kaus yang halus dan tidak tebal..
– cawat 2 lsn
– celana panjang 1 lsn
– celana pop 1 1/2 lsn
– popok skali pakai dikit aja buat persediaan
Karena aku niatnya ga mau sering^^ makein popok skali pakai, jadi cawat & celana rada banyak dan popok skali pakainya dikit.. Buat yg ga mo repot, mo makein popok skali pakai aja tiap hari, jumlahnya bisa disesuaiin..
– sarung tangan dan sarung kaki 4 pasang
Sarung tangan dan sarung kaki ga usah dipakein terus.. Kalo bayi kedinginan aja, misalnya pas abis mandi dipakein 1-2jam, abis itu dilepas.. Jadi ga usah terlalu banyak belinya.. Lagian kalo udah lebih dari 1 bulan, bayi tidak dianjurkan lagi make sarung tangan..

Perlengkapan Mandi

– baskom mandi bayi
Pilih yg rada gede biar bisa dipake lebih lama.. Trus kalo bisa yang alasnya terbuat dari karet biar ga licin..
– penyangga mandi bayi
Ini penting terutama buat yg ga biasa mandiin bayi, khususnya bayi yg baru lahir *kaya kenal orangnya :P*
– handuk 2 bh
– waslap 3 bh
– sabun bayi dan sampo bayi
– sisir bayi
– alkohol 70% dan kasa steril
untuk bersihin tali pusar swaktu belom lepas
– kapas bulat dan cotton buds
– Kasur kecil + perlak buat alas abis mandi

Perlengkapan Bobo

– box bayi + kelambu
ada banyak pendapat niy tentang box bayi.. Ada yg bilang perlu, ada yg bilang mubazir.. Kalo menurutku, kalo ada budgetnya mending beli aja, soalnya ummi ma abinya kalo bobo sama^^ ga bisa diem ;)
Trus belinya yg rada gede biar bisa dipake lamaan..

– Kasur + guling *katanya lebih bagus kalo bayi tidur ga pake bantal*
Kasur jangan terlalu empuk karena berpengaruh buruk bagi pembentukan tulang belakang.. Lebih baik pilih jenis kasur per aja..
– Sprai dan sarung guling 2 set
Pilih yg berbahan katun karena lebih nyaman dan tidak panas
– Perlak yang rada gede buat di box
– kain yang nyerep aer untuk alas ompol *alas di atas perlak* 2 lsn
– Bedong katun 6bh dan bedong flanel 6bh
Dari baca^^ baru tau kalo pemakaian bedong ternyata ga bagus untuk perkembangan motorik bayi.. Nah, bedong ini kubeli untuk dijadiin selimut aja, jadi ga usah terlalu banyak.. Bedong katun untuk siang, biar ga kepanasan.. Bedong flanel untuk malem, biar lebih anget

Lain-Lain

– Tas bayi
Kalo bisa yang bahan parasut dan ada matrasnya
– selimut tutup kepala
– stroller
Pilih yang ada sabuk pengamannya dan berukuran besar, agar bisa dipakai lebih lama *sampe usia satu tahunan*.. Trus kalo bisa pilih yg kemiringannya bisa diatur dan ada kelambu..
– gunting kuku bayi
Soalnya kuku bayi cepet banget panjangnya..
– gendongan
– termometer
Ini penting niy, biar bisa lebih pasti ngukur suhu tubuh bayi, ga pake feeling aja.. Ini buat jadi parameter kapan bayi harus dikasih obat penurun panas dan kapan harus dibawa ke dokter
– minyak telon
buat ngangetin kalo bayi lagi kedinginan.. *jadi ga usa dipakein tiap hari.. apalagi kalo cuaca panas.. tambah kepanasan ntar bayinya*
– gurita ibu 3bh

smoga bermanfaat 😉

6 Tanggapan to "Daftar Perlengkapan Bayi versi Adhe"

lam kenal

lam kenal juga.. Makaci dah berkunjung :D

informasinya bantu banget, tadi sich sempet bingung perlengkapan bayi apa aja,,, usia kandungan berapa yang tepat untuk belanja ???

kalo aku siy dari 7 bulan uda mulai nyicil^^.. skalian kalo ternyata dedeknya mo lahir lebih cepet, yang penting^^ uda siap 😀

Bagi yang membutuhkan keperluan ibu & bayi (ada yang aku jual rugi lho). Ada juga suplemen untuk memperbanyak ASI. Ada buku bekas juga lho, masih 90-95% baru. Ada juga abon peda yang ueenaak tenan. Mampir ya….

Bagi yang mempunyai produk untuk dipasarkan, bisa hubungi aku..

Aku bikin blog untuk sharing pengalaman melahirkan dan menyusui juga lho..

http://marvinshop.multiply.com/

Thanks bgt info nya. Ini persiapan bwt lahiran anak ke 2 ku. Wlaupun dah ada pngalaman persalinan anak pertama,tetep aja msh butuh referensi. Siiiippp..lam kenal..

mbak ijin kopi ya buat referensi

Tinggalkan komentar

Tentang Adhe

Kalender

Mei 2008
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Blog Stats

  • 29.615 hits

Blogger Palembang

Komunitas Blogger WongKito

Dukung